Jika populasi kutu busuk di tempat Anda sudah dalam jumlah besar, maka biasanya ada tanda-tanda yang terlihat atau terasa, maka dari itu kita perlu waspada akan tanda-tanda keberadaan kutu busuk yang muncul seperti :

1. Bintik Merah Gatal
Gigitan kutu busuk menimbulkan reaksi gatal dan diikuti peradangan, sehingga akan digaruk berulang-ulang. Gigitan kutu busuk biasanya ditandai dengan benjolan kecil berwarna merah di kulit wajah, lengan, kaki bahkan punggung dan apabila digaruk berulang akan berdarah dan akan menimbulkan infeksi. Untuk memastikan apakah benar itu gigitan kutu busuk, kita bisa melihat pola gigitannya akan muncul dalam bentuk baris lurus, kelompok atau zigzag.

2. Bau Apek
Kutu busuk mengeluarkan kelenjar feromon (zat alamiah) seperti bau apek. Bila kutu busuk di rumah sudah dalam jumlah yang besar, bau apek yang ditimbulkan seperti pakaian yang berjamur akan sangat kuat dan menyengat.

3. Bercak darah atau karat
Jika di kasur terdapat bekas bintik-bintik merah ketika anda tidak sengaja membunuh kutu busuk, maka itulah darah yang dihisap oleh kutu busuk.
Selain itu, bercak bintik karat yang ditemukan di kasur, pegas kasur, seprai bahkan di tembok maupun wallpaper dinding merupakan tumpukan kotoran dari kutu busuk.

4. Noda Putih di Furniture
Apabila kalian melihat noda putih mengkilap seperti butiran beras di furniture, sofa, kasur, seprai, gorden kemungkinan itu adalah cangkang (kulit) atau telur kutu busuk dan biasanya dapat dilihat dengan mata telanjang. Kutu busuk ketika tumbuh dewasa akan melepaskan cangkangnya.