Laron, Rayap yang Bersayap

 

Laron, Rayap yang Bersayap

Bila musim hujan tiba, akan banyak laron keluar dari liang dalam tanah dan beterbangan di sekitar kita. Laron-laron ini  sibuk mencari tempat yang terang benderang, seperti nyala lampu jalan atau lampu di rumah kita. Laron adalah rayap yang bersayap .

Eastern Subterranean Termite (Reticulitermes flavipes) workers and winged reproductives, central Texas

Rayap Bersayap

Laron itu sebenarnya adalah rayap yang hidup di bawah tanah. Keistimewaannya, laron adalah jenis rayap yang memiliki sayap. Maka, begitu keluar dari sarang, mereka segera … brrr … terbang ke mana-mana.

Kehidupan laron memang unik. Setelah terbang beberapa saat, laron betina mengeluarkan bau tertentu untuk menarik perhatian laron jantan.

Setelah sepasang laron bertemu, keduanya “mendarat” dan melepas sayap di tanah. Kedua laron itu, si jantan dan si betina akan  berjalan beriringan. Laron betina di depan, sedangkan laron jantan mengikuti di belakang. Pasangan laron ini cepat-cepat  mencari tempat untuk membuat sarang baru.

ratu-rayap_large

Ratu tubuhnya gendut. Tugasnya hanya bertelur.

Raja dan Ratu

Setelah berbulan madu, perut laron betina akan membesar. Kini, laron betina berubah menjadi ratu dan siap bertelur. Sedangkan laron jantan menjadi raja.

Dalam keluarga rayap, tugas ratu adalah bertelur dan terus bertelur.  Setiap hari, sang ratu akan mengeluarkan ribuan butir telur. Sedangkan tugas sang raja adalah terus membuahi sang ratu agar terus bertelur. Semakin lama, ratu rayap tumbuh menjadi besar, sehingga sulit bergerak. Sedangkan raja rayap,  hanya tumbuh sedikit lebih besar dari ukuran laron biasa.

raja-rayap_medium

Raja bertugas membuahi ratu agar terus bertelur.

Nimfa

Telur yang dihasilkan oleh ratu kemudian menetas menjadi bayi rayap atau nimfa. Nimfa ada berkembang menjadi laron, namun ada juga yang tumbuh menjadi rayap pekerja dan rayap prajurit.

Rayap pekerja dan rayap prajurit tidak bersayap.Sedangkan nimfa yang bakal menjadi ratu atau raja biasanya mengalami perubahan bentuk, yaitu memiliki tonjolan sayap dan dari waktu ke waktu terus berkembang sempurna. Kemudian warna tubuhnya pun menjadi hitam. Ya, rayap bersayap itulah yang kemudian disebut laron.

calon-laron_medium

Saat laron belum tumbuh sayap

Pembagian Tugas

Rayap termasuk kelompok Isoptera. Jenis serangga berkasta ini dalam Wikipedia disebut termite. Uniknya, keluarga rayap hidup berkoloni dan mempunyai pembagian tugas.

Ratu, yakni laron betina biasanya bertubuh gendut dan tugasnya bertelur. Raja, yaitu laron jantan bertugas melestarikan keturunan (membuahi). Kemudian rayap prajurit bertugas mempertahankan sarang dari gangguan hewan lain. Sedangkan rayap pekerja bertugas menjaga sarang dari kerusakan dan sekaligus memberi makan ratu dan raja.

galerikayu-com_medium

Rayap pekerja mencari makan dengan menggerogoti kayu

Merugikan Manusia

Rayap dianggap serangga yang merugikan manusia. Rayap hidup di dalam tanah dan mencari makan secara tertutup (tersembunyi). Bandingkan dengan semut yang mencari makan di tempat terbuka. Makanan utama rayap adalah kayu. Tak salah, banyak rumah atau bangunan yang kayunya keropos karena digerogoti oleh rayap-rayap ini. Yap, karena dianggap merusak kayu-kayu bangunan, serangga ini menjadi musuh manusia.

rayap-tentara_medium

Rayap prajurit. Kepalanya besar dilengkapi mulut penjepit. Dalam bahasa Jawa disebut gonteng

Puluhan Tahun

Konon, ratu dan raja rayap bisa hidup puluhan tahun. Bahkan dari referensi yang Bobo baca, ratu dan raja rayap ini bisa hidup lebih dari 45 tahun. Wow… lama sekali.

Akan tetapi, bagi laron yang tidak mendapatkan pasangan, mereka akan segera mati atau menjadi santapan empuk burung-burung, kelelawar, juga cicak. Bahkan di pedesaan, banyak orang menangkap laron untuk digoreng dan dijadikan lauk makan.

 

Sumber : http://bobo.kidnesia.com/Bobo/Info-Bobo/Bobo-File/Laron-Rayap-yang-Bersayap

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *