Jakarta Bakal Dikepung Rayap!!!

 

Ratu Rayap

Peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengingatkan wilayah Indonesia khususnya DKI Jakarta bakal dikepung rayap.

Hasil pemetaan dua tahun lalu mengungkapkan, delapan wilayah di Jakarta menjadi daerah paling rawan serangan rayap atau Kelas Bahaya I.

Guru Besar Fakultas Kehutanan (Fahutan) IPB Prof Dr Dodi Nandika mengatakan, delapan wilayah di Jakarta yang rentan terhadap serangan rayap adalah Kecamatan Ciracas, Kramat Jati, Pasar Minggu, Kebayoran Lama, Cilincing, Pesanggarahan, Kebayoran Baru, dan Mampang Prapatan.

Sedangkan wilayah yang masuk kedalam Kelas Bahaya II yakni Duren Sawit, Jatinegara, Palmerah, Kalideres, Kembangan dan Pancoran. Dan wilayah untuk kelas bahaya III adalah Kecamatan Cengkareng.

Suburnya rayap di Indonesia kata Dodi Nandika, karena iklim Indonesia memiliki suhu udara yang hangat dengan kelembaban udara yang tinggi.

“Kondisi ini sangat sesuai untuk perkembangbiakan rayap khususnya di Jakarta,” kata Dodi, Senin (14/9).

Karenanya, bahaya serangan rayap sangat penting untuk ditanggulangi.

Apalagi, kata dia, berdasarkan hasil penelitian lebih dari 16 persen gedung milik DKI, mulai dari kantor-kantor, sekolah, sarana olahraga, sarana sosial, hingga sarana kesehatan, sudah diserang rayap.

“Pertumbuhan gedung di Jakarta ini ternyata diikuti pula oleh perkembangbiakan rayap. Ini artinya sudah darurat,” ujarnya.

Upaya yang harus dilakukan kata Dodi, menyosialisasikan kepada masyarakat atau instansi terkait wilayah yang rawan rayap.

“Hal ini harus diedukasikan kepada masyarakat supaya mereka dapat melakukan pencegahan,” katanya.

Selain itu, segera melaksanakan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 35 Tahun 2013 tentang Pedoman Penanggulangan Bahaya Rayap pada gedung milik Pemprov DKI.

“Lakukan penerapan pencegahan rayap dengan menggunakan anti rayap,” kata Dodi.

 

Butuh anti rayap ? Hubungi kami!!!

 

Sumber : http://wartakota.tribunnews.com/2015/09/14/breaking-news-jakarta-bakal-dikepung-rayap

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *