DAMPAK YANG DITIMBULKAN OLEH TIKUS

 

Dampak Oleh Tikus

 

 

 

 

 

 

Tikus merupakan binatang pengerat yang bisa hidup dimana saja baik di hutan, di desa ataupun kota besar. Kemampuan adaptasi tikus yang bagus dan kemampuan reproduksi yang tinggi membuat populasi jumlah tikus meningkat pesat dengan waktu singkat. Tikus merupakan binatang mamalia yang melahirkan dan menyusui anak – anaknya. Gigi tikus secara terus menerus tumbuh sehingga harus di kikir dengan cara menggerogoti sesuatu.

Tikus dapat hidup di luar rumah dan dapat juga hidup di dalam rumah bersama dengan manusia. Tikus sering kali dianggap sebagai hama, karena memberikan banyak dampak buruk bagi manusia sehingga sering kali diburu untuk dimusnahkan. Selain itu beberapa orang yang menjadikan tikus sebagai hewan peliharaan, ada beberapa adat yang menghormati tikus setinggi langit sehingga dilarang menyakiti tikus.

Berikut beberapa efek negative yang dapat ditimbulkan oleh tikus terhadap manusia.

1. Menimbulkan Kerusakan
Tikus merupakan hewan pengerat, maka tikus akan menggigit barang yang ada dirumah serta sering kali membuat lubang untuk jalan keluar dan masuk tikus. Selain merusak perabotan di dalam rumah, tikus pun merusak tanaman – tanama yang ditanam.
2. Mengotori Rumah
Tikus sering kali buang air kecil dan buang air besar sembarangan di dalam maupun di luar rumah yang dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan pemandangan yang tidak enak.
3. Makan Minum dan Mengacak-Acak Makanan Minuman Manusia
Memiliki makanan dan minuman yang tidak ditutup rapat, tikus akan masuk dan ikut memakan makanan kita. Dengan begitu kita tidak jadi memakan makanan yang telah dimakan oleh tikus dan di acak – acak oleh tikus.
4. Menimbulkan Penyakit.
Tikus dapat menjadi media penyebaran penyakit berbahaya seperti leptospirosis dan pes. Bila mendengar penyakit tersebut, ingin rasanya untuk membasmi tikus – tikus nakal yang ada di sekitar rumah untuk terhindar dari resiko penyakit tersebut.
5. Menimbulkan Polusi.
Tikus ketika berbicara dengan temannya membunyikan suara cit-cit-cit dan sering kali menimbulkan suara gaduh yang sangat mengganggu ketenangan terutama ketika malam hari ketika kita telah tertidur. Tikus ketika mati akan menjadi bangkai dengan bau yang sangat luar biasa dan dapat menyebabkan polusi untuk rumah kita.
6. Membuat Orang-Orang Takut dan Panik
Tikus sering kali berlari kesana kemari di sekitar kita yang membuat kita menjadi panic terutama untuk orang yang phobia terhadap tikus. Rasa jijik dan enggan berdekatan dengan tikus adalah alasan utama orang yang phobia dengan tikus, terlebih dengan tubuh yang tidak karuan.
7. Bisa Melukai Manusia
Sewaktu malam sebaiknya kita mencuci tangan dan kaki sebelum tidur, cara ini menjaga biar tikus tidak menggigit tangan ataupun kaki kita. Gigi tikus dapat melukai kita, karena gigi tikus sangat tajam. Oleh sebab itu kita sebaiknya tetap waspada terhadap tikus untuk menghindari ancaman dari tikus tersebut.
8. Memangsa Hewan Peliharaan
Tikus sangat senang dengan hewan peliharaan yang kita punyai di rumah ketika lapar. Hewan peliharaan itu seperti ayam, burung, bebek, kelinci dll akan dimangsa oleh tikus sewaktu kelaparan. Pada makanan binatang peliharaan kita pun bisa juga disantap oleh tikus – tikus yang sedang kelaparan.
9. Merusak Pemandangan
Tidak meng-enakkan melihat penampilan tikus yang sangat kotor, lusuh, dekil, menjijikkan. Terlebih bila kita membayangkan kelakuan yang disebabkan oleh tikus, dapat menyebabkan kita menjadi kesal dan stress.
10. Menimbulkan Wabah Kelaparan
Tikus dengan jumlah yang banyak dapat merusak ladang, kebun dan sawah yang sedang ditanami bermacam – macam makanan manusia, seperti padi, sayur, jagung, dan buah. Tikus pula dapat menyerang dan menghabiskan persediaan makanan di lumbung dan gudang bahan pangan sehingga hama tikus sebaiknya tidak disepelekan dan harus ditindak sebelum terjadi bencana.

Beberapa akibat kerugian, kerusakan, kehancuran, ketakutan, ketidaknyamanan, kepanikan, dan keburukan yang disebabkan oleh tikus di sekitar lingkungan kita, seharusnya kita meningkatkan kepedulian kita semua untuk membantu memberantas hama tikus agar tidak menimbulkan kerugian yang begitu besar dimasa mendatang.

HUBUNGI KAMI PT GUCI EMAS PRATAMA DI NOMOR 021 74637054 JIKA BANGUNAN RUMAH, GEDUNG PERKANTORAN, GUDANG, HOTEL, MALL, TANAH PERKEBUNAN ANDA DI SERANG HAMA RAYAP..TIKUS..LALAT..KUMBANG..NYAMUK..KECOA

NOTE :

SURVEY LOKASI GRATIS DAN KONFIRMASI 2 HARI SEBELUMNYA

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *