8 Fakta Tentang Nyamuk Yang Harus Kita Ketahui

8 Fakta Menarik Nyamuk Yang Harus Anda Ketahui

1. Alasan Nyamuk Selalu Terngiang di Sekitar Kepala Kita

Sudah dibahas sebelumnya, kalau nyamuk amat tertarik dengan karbondioksida yang kita keluarkan. Mereka bahkan bisa mendeteksinya dari jarak 100 kaki atau sekitar 30 meter. Karena CO2 itu keluar dari mulut dan hidung, makanya nyamuk tertarik mendekat ke area kepala kita. Sayap nyamuk lah yang membuat suara berisik itu setiap kali mereka terbang. Ketika mereka berada di area kepala Anda, mencari tempat untuk mendarat dan menggigit, dengungan mereka akan terdengar lebih keras setiap kali mereka dekat dengan telinga Anda.

2. Nyamuk Betina dan Jantan, Aktif yang Mana?

Nah ternyata nyamuk betinalah yang suka menggigit dan doyan menghisap darah. Mereka yang cukup aktif menimbulkan kesengsaraan. Sementara yang jantannya memilih mendekati bunga dan memakan nectar atau madunya.

3. Virus Bisa Meningkatkan ‘Nafsu Darah’ Mereka

Penelitian menemukan fakta bahwa virus bisa mengubah nyamuk jadi ‘monster’. Karena pengaruh virus demam berdarah, nyamuk jadi lebih haus akan darah. Instingnya untuk mencium bau kita pun jadi begitu kuat. Kecil-kecil tapi mengerikan!

4. Parasit Membuat Nyamuk ‘Tergila-gila’ Pada Bau Keringat Manusia

Nyamuk bisa terinfeksi oleh parasit malaria. Jika sudah begitu, maka ia akan berubah jadi nyamuk yang ingin lebih sering meminum darah, sekaligus menghisapnya dengan jumlah banyak. Dan untuk memenuhi semua keinginan itu, tentu saja ia bisa ‘memanfaatkan’ manusia. Penelitian menyebutkan kalau nyamuk malaria sangat tertarik pada keringat manusia. Para peneliti melakukan percobaannya dengan menggunakan kaus-kaki yang sering dipakai

cartoon-mosquito

 

5. Air Liur Nyamuk yang Membuatnya Gatal

Sebagaimana biasanya, ketika nyamuk menemukan target korban… ia akan menusukkan jarum kecil andalannya. Ketika menyedot, ia meninggalkan air liur. Itulah yang membuat kulit kita akan merespons dengan rasa gatal yang cukup mengganggu.

 

6. Gigitan Nyamuk Jadi Penyebab Meninggalnya Alexander yang Agung

Sang Raja Macedonia dan Penakluk Kerajaan Persia, dialah Alexander ‘the Great’. Nama ‘Alexander yang Agung’ tentu tidak tersemat tanpa alasan. Dia tidak pernah kalah dalam peperangan. Ia juga disebut-sebut sebagai salah-satu komandan paling sukses dalam sejarah. Ironis, sebab ternyata ia ‘kalah’ di mulut nyamuk yang terinfeksi virus West Nile.

7. Nyamuk itu Kecil dan Terbangnya Lambat, Namun Cukup Mengganggu

Bobot tubuh seekor nyamuk rata-rata 2 hingga 2,5 miligram. Dengan berat tubuh sekecil itu, mestinya mereka bisa lebih cepat. Kontras, mereka justeru hanya terbang dengan kecepatan antara 1 sampai 1,5 mil tiap jamnya. Karena itu, mereka disebut-sebut sebagai salah-satu serangga yang terbang dengan lambat.

8. Nyamuk adalah Hewan ‘Maut’ Paling Kecil di Dunia

Hewan apa yang paling menakutkan bagi sebagian orang? Harimau? ular? ikan ganas? Semua itu wajar adanya. Namun siapa sangka, hewan paling mematikan dan mestinya paling kita takuti adalah nyamuk – hewan kecil yang bahkan tanpa taring. Meski kecil, namun dialah yang bertanggung-jawab akan penyebaran malaria, demam kuning, demam berdarah, encephalitis atau radang jaringan otak, dsb. Seekor nyamuk saja bisa menjangkiti lebih dari 100 manusia. Bahkan WHO, badan kesehatan PBB, memberi pernyataan bahwa setiap 45 detik, nyamuk malaria sudah menewaskan seorang anak di Afrika.

 

Sumber : http://www.ngasih.com/fakta-unik-dan-menarik-tentang-nyamuk/

 

Jadi Hindarkan Rumah Anda dari serangan si “Monster” kecil bernama Nyamuk.

Amankan keluarga anda, hubungi kami :

PT. Guci Emas Pratama

Pusat Pengendali Hama

Jl. Ganda Sasmita No. 1, Serua-Ciputat

Telp. 021-74637054/Fax 021-74637056

Share Button

2 thoughts on “8 Fakta Tentang Nyamuk Yang Harus Kita Ketahui

  • August 7, 2017 at 10:58 PM
    Permalink

    Mengejutkan sekali ternyata..Mulai sekarang harus hati-hati nih..makasih kak infonya

    Reply
    • August 8, 2017 at 2:13 AM
      Permalink

      Harus lebih hati-hati. Lebih baik mencegah dengan pengendalian dini. Kami menawarkan jasa pengendalian hama. Silahkan hubungi kami untuk info lebih lanjut..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *