Tahukah kamu?
Kecoa adalah hewan menjijikkan karena memiliki perilaku mengeluarkan makanan yang baru dikunyah atau memuntahkan makanan dari lambungnya, sehingga kecoa mudah menularkan penyakit pada manusia. Kecoa dapat membawa berbagai jenis virus, bakteri, protozoa, cacing dan fungi.
Apabila di rumah atau apartemenmu sudah menjadi tempat sarang kecoa, kamu perlu waspada ada penyakit berbahaya yang mengintai loh :
1. Tifus
Demam tifoid (tifus) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi dimana bakteri ini menjadi salah satu sumber penyakit yang dibawa kecoa yang mengkontaminasi makanan dan minuman.
Sanitasi yang buruk dan terbatasnya akses air bersih menjadi penyebab terjadinya tifus yang paling umum dan lebih banyak menyerang anak-anak karena belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna.
2. Salmonellosis
Penyakit infeksi saluran usus disebabkan oleh bakteri Salmonella yang dibawa kecoa sehingga menyebabkan berbagai gejala penyakit terkait pencernaan. Penyakit ini dapat ditularkan dari satu individu ke individu lain yang terkena penyakit salmonellosis.
3. Disentri
Salah satu penyakit umum yang disebabkan oleh kecoa. Disentri merupakan infeksi usus yang mengakibatkan diare disertai darah dan lendir pada feses.
Ada dua penyebab disentri yaitu Bacillary dysentery (shigellosis) disebabkan oleh bakteri Shigella dan Amoebic dysentery (amoebiasis) disebabkan oleh parasite bersel satu Entamoeba histolytica. Disentri bisa terjadi jika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi dua penyebab disentri yang dibawa oleh kecoa.
4. Kolera
Penyakit diare akut yang disebabkan oleh infeksi usus akibat terkena bakteri Vibrio Cholerae dan dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Infeksi ini bisa terjadi secara ringan atau tanpa gejala, tetapi terkadang parah.
Bakteri tersebut ditemukan pada air yang sudah terkontaminasi karena bakteri tersebut terdapat pada tubuh kecoa dan bisa saja air yang dikonsumsi sudah terkontaminasi melalui kecoa yang hilir mudik di rumah.
5. Keracunan Makanan
Mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi beragam virus dan bakteri dari kecoa dapat menyebabkan keracunan. Kecoa menjadi transmitter patogen penyakit karena kecoa dapat makan apa saja termasuk sisa makanan yang dibuang di tempat sampah. Kecoa secara mekanis dapat mentransfer kuman dengan berjalan di atas peralatan makan.
6. Pemicu Alergi
Pemicu alergi yang disebabkan kecoa bisa berasal dari kotoran, tubuh, telur dan air liur kecoa. Alergen ini mirip debu tungau yang bisa masuk ke selaput mata, hidung dan paru. Biasanya ditemukan saat menyapu atau membersihkan debu.
Bahkan bagi penderita asma bisa memicu ke kondisi asma yang lebih parah bila kecoa tidak dibasmi dengan segera.

Tanya Lewat WA
1
JABODETABEK Survey Gratis :)
Hai!
Apa nih yang bisa kami bantu :)